Security Sistem

Keamanan Mail Server

E-Mail sudah mulai dipakai di tahun 1960-an Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Alamat e-mail terdiri dari gabungan nama user dan domain name ; user@domainame. Sedangkan proses pengiriman dan pembacaan e-mail menggunakan protokol SMTP dan POP.

Mail Server adalah aplikasi yang berurusan dengan lalu lintas email dan tidak berhubungan langsung dengan pengguna email tersebut. Sedangkan dalam sistem e-mail terdiri dari :

  • MUA ( Mail User Agent )

  • MTA ( Mail Transfer Agent )

  Sedangkan komponennya terdiri dari tiga buah komponen, yaitu :

  • Envelope yang ditandai dengan 2 perintah yaitu  SMTP dan RCTP

  • Header yang digunakan oleh User Agent

  • dan Body yang merupakan isi pesan tersebut

Selanjutnya di sini akan dibahas tentang lobang keamanan dalam Mail Server ;

Penyadapan E-Mail 

Karena sitem pengiriman email yang hampir mirip dengan sistem pengiriman kartu pos sehingga potensi penyadapan dapat terjadi di setiap titik yang dilalui. Dan cara penanggulangan penyadapan tersebut dapat mengguanakan enkripsi untuk mengacak isi surat yang dikirm tersebut. Dan contoh proteksi dalam pengiriman e -mail tersebut dapat menggunakan PGP ( Pretty Good Privacy ) yang merupakan program open source ciptaan Phil Zimmerman pada tahun 1991. PGP ini bekerja sebgai program / protokol enkripsi serta autentikasi dalam layanan email tersebut.

Email Palsu 

Karena mudahnya dalam pembuatan email palsu yang hanya membuat header sesukanya sehingga kita hari paham cara proteksinya dengan melihat header untuk mengetahui asal email dan menggunakan digital signature.

Spamming

Spam atau email sampah yang mengganggu kenyamanan transaksi email dengan memasukkan email iklan atau hoax ke inbox kita. Dan proteksinya menggunakan anti spamming pada MTA.

 

Mailbomb

Pengiriman email spam ke banyak alamat email adalah pengertian dari mailbomb tersebut dan cara proteksinya dengan membatasi ukuran email, quota disk, dan pemfiltreran email tersebut

Mail Relay

Penggunaan server korban untuk mengirim email adalah mail relay sehingga bandwith korban terpakai dan penerima email dapat dikelabuhi oleh pelaku mail relay tersebut. Dan untuk proteksinya silahkan coba :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: